Ternyata kebiasaan ‘ngempeng’ tidak baik bagi psikologi bayi

Ternyata kebiasaan 'ngempeng' tidak baik bagi psikologi bayi

Kebiasaan ngempeng tidak baik bagi psikologi bayi. Karena itulah pemberian ASI disarankan maksimal hingga usia bayi enam bulan atau dua tahun. Lebih dari dua tahun, kandungan nutrisi dan gizi pada ASI makin berkurang.

“Anjuran menyusui kurang dari dua tahun. Setelah dua tahun produksi ASI sedikit sekali, malah tidak ada, hanya cairan-cairan kelenjar saja, itu namanya ngempeng saja bukan menyusu,” kata Kepala Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik FK Unpad/RS Hasan Sadikin Bandung, Dida A Gurnida, kepada Merdeka Bandung.

Ia menambahkan, memang menyusui lebih dari dua tahun tidak akan membuat bayi kemasukan zat negatif yang keluar dari susu ibu. “Tidak negatif, tapi ASI-nya tidak berkalori lagi. Dan secara psikologi kurang bagus, karena ngempeng jadi kebiasaan bayi, bayi jadi tidak pernah kenyang,” katanya.

Menurut dia, kebiasaan ngempeng secara tidak langsung telah membohongi bayi. Hal ini tentu kasihan pada bayinya. “Jadi lebih dari dua tahun itu sama dengan ngempeng, nyedot dibohongilah, seolah mimi padahal tidak ada papa-apanya,” katanya.

Itu sebabnya, sambung dia, idealnya ASI diberikan 0 sampai 6 bulan, setelah 6 bulan bisa diteruskan sampai dua tahun sambil dibarengi makanan pendamping ASI. Makanan pendamping penting diberikan karena setelah usia 6 bulan, zat baik yang terkandung dalam ASI juga berkurang.

Ia menyebutkan, pada usia 0-6 bulan kandungan kalori pada ASI mencapai 100 persen, setelah 6 bulan turun menjadi 50 persen dan makin lama hingga 0 persen. Kalori merupakan zat pembentuk energi yang penting bagi tumbuh kembang bayi.

“Usia bayi makin tua kalori ASI makin rendah. Maka pada usia enam bulan energi bayi dipasok dari makanan pendamping ASI. Jadi harus dipasok dari luar kalau tidak bayi bisa gangguan gizi,” terangnya.

Menurut dia, ASI mengandung banyak sekali zat yang positif bagi bayi, di antaranya; makronutrien, protein, lemak, karbohidrat, berbagai macam vitamin. Pendek kata, semua yang diperlukan bayi pada awal pertumbuhannya ada pada ASI.

Makanya penelitian menyimpulkan, Dida melanjutkan, usia 6 bulan sudah cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal. Setelah itu baru diberi makanan pendamping.

“Karena setelah dua tahun ASI itu berkurang sama sekali kalorinya, bahkan bisa dibilang tidak ada, makanya harus diberhentikan, sesuai agama Islam juga gitu, dua tahun cukup memberi ASI,” ujarnya menegaskan.


DR Rochelle Skin Expert

DR "DR Rochelle Skin Expert"

Kezia Skin Expert

Cream "Produk Cream Pemutih Wajah Terbaik"

Tips Perawatan Kecantikan Dan Kesehatan

Tips "Tips Perawatan Kecantikan Dan Kesehatan"

Yuk Beriklan Di Kami


Hubungi : kriz.stmt@ymail.com

Toko Online

Toko "Toko Online"

Jasa Pembuatan Fanpage

jasa

Kiella Digital Adv

Kiella